Oleh: Arifin | 10 Desember, 2007

10 Kesalahan dalam Mendidik Anak


Anak adalah amanah bagi kedua orang tuanya. Maka, kita sebagai orang tua bertanggung jawab terhadap amanah ini. Tidak sedikit kesalahan dan kelalaian dalam mendidik anak telah menjadi fenomena yang nyata. Sungguh merupakan malapetaka besar ; dan termasuk menghianati amanah Allah.Adapun rumah, adalah sekolah pertama bagi anak. Kumpulan dari beberapa rumah itu akan membentuk sebuah bangunan masyarakat. Bagi seorang anak, sebelum mendapatkan pendidikan di sekolah dan masyarakat, ia akan mendapatkan pendidikan di rumah dan keluarganya. Ia merupakan prototype kedua orang tuanya dalam berinteraksi sosial. Oleh karena itu, disinilah peran dan tanggung jawab orang tua, dituntut untuk tidak lalai dalam mendidik anak-anak.

pendidikan.jpg

BAHAYA LALAI DALAM MENDIDIK ANAK

Orang tua memiliki hak yang wajib dilaksanakan oleh anak-anaknya. Demikian pula anak, juga mempunyai hak yang wajib dipikul oleh kedua orang tuanya. Disamping Allah memerintahkan kita untuk berbakti kepada kedua orang tua. Allah juga memerintahkan kita untuk berbuat baik (ihsan) kepada anak-anak serta bersungguh-sungguh dalam mendidiknya. Demikian ini termasuk bagian dari menunaikan amanah Allah. Sebaliknya, melalaikan hak-hak mereka termasuk perbuatan khianat terhadap amanah Allah. Banyak nash-nash syar’i yang mengisyaratkannya. Allah berfirman.

untuk selengkapnya artikel telah dipindahkan ke link berikut ini : mendidik anak

Sekolah Internet Indonesia


Responses

  1. thanks atas masukanya mudah 2 an rara akan ingat selalu

  2. Assalamu’alaikum wr wb.

    Terima kasih pak atas article-nya.. boleh saya copy kan ya pak?? biar bisa dibaca-baca dan di applikasikan ke anak.. maklum anak pertama perlu banyak belajar.

    salam

    ameliya

    NB : salam buat ibu esty ( salut buat ibu yang bisa menjalankan bisnis rumahannya sekalian menjaga 4 orang anak yang manis, semoga amel juga bisa kayak ibu )

  3. waalaikum salam
    silahkan aja dicopy…. semoga anaknya menjadi anak yang sholeh… amien

  4. Postingannya boleh juga broo.. bisa buat tambahan ilmu neh… thank’s ya??…

  5. terimakasih sangat membantu artikel anda tentang mendidik anak….agar selalu update blog anda….

  6. Ass,,,makasih ya atas info tentang mendidik anak yang baik..insya alllah saya akan lebih bijak dan arif lagi dalam mendidik anak,,,karena ini semua nanti akan dipertanggung jawabkan diakhirat.jadi saya ketakutan tidak bisa mendidik anak yang baik sampai akhir hayatnya nanti.do’ain aja mudah2an setelah membaca artikel ini saya bisa menjalankannya.amien,,,

  7. Terima kasih..
    walaupun saya belum menikah artikel ini sangat bermanfaat sekali buat saya nanti’y ketika saya mempunyai anak.

  8. Wah thak’z bget ats infonya.Inysa Allah jk aq dah brkeluarga n d kruniai seorg ank,aq akn mngikuti trik2 cara mndidik ank.Skale lge trimakasih.

  9. Wah thak’z bget ats infonya.Inysa Allah jk kelak aq dah brkeluarga n d kruniai seorg ank,aq akn mngikuti trik2 cara mndidik ank,agr mnjadi ank yg shaleh dan patuh trhdp ortu.Skale lge trimakasih.

  10. Assalamu’alaikum,,wah bgus bgt infonya, insyaAllah info ini dapat bermanfaatlah buat semua orang tentunya,,^_^

  11. adik saya bandel banget kalau di bilangin tadinya dia suka di manja sama ibu saya gimana` ya biar dia gak nelunjak lagi saya maunya dia nurut di bilanginnya dia suka marah kalau di bilangin atau nangis,kadang suka mukul. dia bandel suka neludahin orang dan kalau sudah keterlaluan sama ibu saya suka di pukul atau di gampar apa itu cara yang benar ketika dia susah di bilangin kasih tau dong tips2cara mendidik anak kecil sesuai islam,sikolog.dan pendidikan .

  12. artikel yg berguna buat orang2..
    smoga para ortu semakin bijak dgn membaca artikel ini..
    teruslah sebarkan kebaikan..

    banyak orang tua yg masih belum tahu bagaimana cara mendidik anak dgn baik,

    btw jk ingin tahu 3 barang paling unik dan lucu
    maka silahkan ke blog gratisbaranglucu.blogspot.com/

  13. Makasih tips2nya, sangat berguna utk saya aplikasikan kepada anak2.

  14. Oke Artikelnya..
    salam kenal

  15. Alhamdulillah bertambah pengatahuan,,,, terimakasih banyak atas artikelnya pak,,, semog bermanfaat dalam menjalankan amanah dan mencerdaskan generasi mudah,,, Amin……………

  16. a surbakti

  17. bagai mana cara mendidik anak yang benar

  18. ok buanget…

  19. Artiklnya oke menambh wawasan buat sy krna anak smakin besar smkin berat jg tgas kta meskipun dasarnya ada d i usia dini . Salam buat penulis

  20. aku mmpunyai anak perempuan berusia 7th..dia manja sekli apa2 harus sma mamahnya …gmna cra menghdpinya supaya dia sedikit mandiri…mks

  21. mendidik anak memang dibutuhkan kesabaran


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: