Oleh: Arifin | 23 September, 2008

Tips Mudik Lebaran….


Bulan Ramadhan sudah memasuki minggu terkahir dan tinggal hitungan hari lagi akan merayakan Lebaran. Bagi sebagian orang (sebagian besar mungkin) ada tradisi pada saat lebaran yang selalu dipelihara dan dilaksanakan yaitu pulang kampung alias MUDIK. Saking kuatnya tradisi itu bahkan sebelum bulan puasapun tiket Kereta Api dari Jakarta menuju kota-kota di Jateng, Jatim & Yogya udah ludes.

 Agar mudik anda jadi momen yang menyenangkan dan nyaman berikut ada beberapa tips yang perlu diperhatikan terutama bagi yang membawa kendaraan pribadi :

 

mudik-2

Pastikan Tubuh anda dalam kondisi prima, baik pengemudi dan penumpang sebelum berakat harus cukup istrirahat/ tidur. Minum Suplemen vitamin bila perlu.

 

Rencanakan perjalanan anda sehingga mengehemat waktu dan bahan baker. Hindari arus puncak lalulu lintas jika memungkinkan. Bawalah peta jalur mudik yang memuat informasi tempat peristrirahatan, SPBU, bengkel, jalur utama, dan jalur alternative mudik.

Periksalah tekanan ban kendaraan sesuai dengan rekomendasi. Hal ini akan mengurangi komsumsi bahan bakar, akan memperpanjang umur kendaraan, dan menambah kemudahan handling kendaraan.

Periksalah kondisi mesin mobil dan bila perlu lakukan servis kebengkel sebelum melakukan perjalanan mudik.

 

Bawalah barang sesuai dengan kebutuhan. Semakin berat kendaraan, semakin banyak bahan bakar yang dikomsumsi.

 Mengemudikan dengan halus serta konstan. Hal ini akan menghindari akselerasi yang tidak perlu serta pengereman berulang-ulang yang berakibat memboroskan bahan bakar. Jangan lupa untuk menjaga jarak dengan kendaraan didepan anda.

Mengemudi pada kecepatan kendaraan yang disarankan agar pembakaran bahan bakar optimal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: