Oleh: Arifin | 29 Oktober, 2008

Waspda Banjir !!!….


Beberapa hari terakhir ini, terutama seminggu terakhir cuaca mulai menunjukkan tanda-tanda bahwa kita sedang memasuki musim penghujan. Setiap sore hujan turun dengan derasnya dengan diikuti angin yang kencang. Hal ini secra umum terjadi di wilayah jabodetabek. Saya yang tinggal di Bogor dan kerja di Jakarta sangat merasakan perubahan iklim ini. Bahkan hari-hari ini mulai hujan di pagi hari, hal ini semakin menguatkan bahwa musim hujan segera menyapa kita.
Bagi teman-teman dan saudara-saudaraku sekalian yang tinggal di daerah rawan banjir ada baiknya sudah mulai antisipasi dan waspada walaupun sampai dengan saat ini belum banyak pihak yang memprediksi bakal ada banjir (mungkin karena masih sibuk dengan kriris keuangan jilid 2). Menurut siklus 5 tahunan yang ada memang sudah tahun 2007 kemarin banjir besar melanda ibu kota dan sekitarnya. Tapi sekali lagi mencegah lebih baik dari mengobati. Kalo pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan, artinya kalo hujan saja kita bisa hanya dengan menyediakan payung tapi kalo yang datang banjir atau hujannya deras plus angin payung saja tidak cukup untuk mengantisipasinya.
Beberapa hari yang lalu teman kantor saya mengirimkan email yang isinya mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi datangnya musim hujan supaya lebih safe. Berikut saya bagi buat anda sekalian :
Dh,
Menyongsong musim penghujan, untuk rekan – rekan yang bermukim di daerah rawan banjir untuk dapat melengkapi diri dengan :
1. Penerangan darurat (lilin, lampu darurat).
2. Makanan kering.
3. Mengetahui daerah pengungsian dan jalur pengungsian.
4. Alat komunikasi selalu dalam kondisi terisi penuh (sediakan juga baterei cadangan).
5. Kotak P3K.
6. Jas hujan.
Salam,

Pesannya kelihatan singkat dan mungkin sepele, tapi akan sangat berguna ketika kita mau mempersiapkannya. Kita berharap semoga musim hujan tahun ini tidak terjadi bencana banjir maupun bencana lainnya. Amien


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: