Oleh: Arifin | 31 Desember, 2008

Roket Perlawanan Jangkau Satu Juta Zionis dan Pangkalan Minyak Israel Sejauh 40 Km


rokethams_300_0

Gaza-Infopalestina : Memasuki tiga hari gempuran Israel ke  Gaza telah memporak-porandakan seluruh tatanan kehidupan serta basis-basis keamanan perlawanan.

Setelah terjadinya kehancuran di mana-mana dan gugurnya ratusan syuhada akibat tembakan rudal Israel, kelompok perlawanan baru memasuki pertempuran sesungguhnya. Seolah-seolah peristiwa kemarin belum pernah terjadi.

Senjata Baru Dengan Jangkauan Luas

Pihak Israel mengkhawatirkan dengan masuknya roket Grad telah mengancam sebagian wilayahnya. Dengan senjata ini, warga Israel terancam keselamatanya. Dimulai dari kota Yuvekum selatan hingga Ushdud bagian utara dimana terdapat pelabuhan dan tempat strategis bagi pertahanan pantai Israel di wilayah Palestina jajahan 48. Adapun Eskelon dan Sederot merupakan dua kantong wilayah yang sangat berbahaya, setidaknya menurut laporan dari pihak Israel.

Walau pesawat-pesawat pengintai Israel masih dapat terbang di seluruh wilayah Gaza dan melaporkan perkembangan di wilayah Gaza secara rinci. Namun Israel memahami operasinya serangan Al-Qossam di lumbung minyak Israel, memahami dengan benar bahwa ini bagian dari sekenario hanya tinggal menunggu waktu. Al-Qossam telah memperluas daya jangkau roketnya sedikit demi sedikit. Roket-roketnya kini bisa menjangkau radius kurang lebih 40 kilometer, masuk wilayah Israel. Bahkan yang dipunyainya mungkin bisa lebih dahsyat lagi.

Walau sejumlah polisi Palestina yang kebanyakan dari anggota Brigade Al-Qossam telah gugur sebagai syuhada digempur roket Israel, namun ternyata brigade ini masih mampu melakukan serangan balik ke target-target Israel. Menunjukan bahwa target-tagret serangan Israel yang katanya menggempur kantong-kantong militer Hamas hanya isapan jempol semata. Kebanyakan sasaran yang digempur serdadu Isreal adalah rumah-rumah milik para keluarga syuhada al-Qossam.

Nampakya perang roket baru akan dimulai. Kondisi ini akan berpengaruh sangat besar terhadap rencana serangan darat Israel. Jika Israel serius dalam ancamannya.

Membatalkan Kerja Peringatan Dini

Di sela derunya sejumlah pesawat pengintai dan meraung-raungnya pesawat F16 Israel, ternyata sejumlah tembakan roket perlawanan masih bisa mengimbangi serangan mereka. Roket-roket perlawanan secara masif menggempur sejumlah wilayah Israel. Dan tampaknya warga Zionis sudah mulai tidak percaya terhadap kerja warning sistem yang dipasang mereka. Terbukti sejumlah roket menggempur mereka dan semakin akurat dan meningkat intensitasnya. Korban dan kerugian semakin bertambah, mengancam keselamatan jutaan warga Zionis. Akibatnya ribuan zionis dikabarkan sudah mulai mengungsi.

Mungkin kerugian yang dialami Zionis tidak sebandang dengan kerusakan yang diderita warga Palestina di Gaza. Namun dari sisi mental warga zionis tampaknya sudah mulai melemah. Sementara itu, target serangan Israel belum berhasil melemahkan semangat perlawanan rakyat Palestina, selama gempuran al-Qossam masih membahana di sejumlah wilayah Israel.

Gempuran roket perlawanan menimbulkan kekhawatiran mendalam terutama bagi wilayah dekat pangkalan minyak Israel. Dengan jangkauan ini, seluruh wilayah Israel yang berada dalam radius serangan roket menjadi terancam. Kehidpun mereka merasa terancam, mereka diliputi rasa was-wasa, kalau tiba-tiba roket perlawanan mengenai rumah mereka, mobil, jendela, dinding atau dekat halaman rumah mereka.

Sejumlah Kota Terancam

Sederhananya roket-roket Palestina tetapi sanggup menjangkau sejumlah kota Israel. Sementara roket, senjata berat, pasukan udara atau armada lautnya, hingga tank-tank Israel belum dapat menghancurkan kehidupan rakyat Palestina di Gaza. Kemampuan peralatan tempur Israel yang berlipat-lipat dibanding persenjataan Palestina yang begitu sederhana tentu tidak sebanding. 

Akan tetapi 40 km dalam radius jangkauan roket Grad (buatan Rusia) menjadi ancaman. Jarak ini kalau dihitung dari Jalur Gaza dan ini baru perkiraan. Di lapangan jarak ini bisa bertambah puluhan kilometer lagi. Dalam kata lain, kemampuan roket Palestina lebih jauh dari yang diperkirakan sebelumnya.

Persiapan Menghadapi hari paling genting

Tampak jelas bahwa perlawanan sudah mempersiapkan kondisi ini sebelumnya. Karena diperkirakan Zionis akan melakukan tindakan seperti ini, meroketi warga Palestina dari kejauhan. Bahkan mungkin akan lebih dahsyat lagi. Namun yang jelas perlawanan akan semakin meningkatkan seranganya ke wilayah-wilayah setrategis Israel. Seperti menggempur Tel Aviv. Masalahnya hanya tinggal waktu saja. Hingga saat ini, perlawanan baru melessakan roket-roket ringan saja. 

Oleh karena itu, gembar-gembor Israel yang akan merubah kondisi Gaza hanya merubah pola permainan saja. Satu yang meyakinkan adalah kemampuan Zionis untuk memporak-porandakan kota dan kamp pengungsian saja. Akan tetapi, satu roket perlawanan akan memberikan pelajaran pahit bagi mereka. Ketika terbukti bahwa yang berubah hanya pola permainan saja, maka para pemimpin Zionis akan merasakan pahit getirnya melawan Palestina. (asy)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: