Oleh: Arifin | 1 Mei, 2009

Momentum Bulan Mei


Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada bulan ini ada beberapa momentum yang akan diperingati. Tidak ada salahnya mari kita coba uraikan satu persatu.

Membuka bulan Mei ada hari buruh Internasional (1 Mei) yang diperingati pada hari ini oleh berbagai elemen buruh di berbagai daerah di Indonesia dan juga di berbagai Negara. Istilah yang cukup popular menandai hari buruh ini adalah “May Day”. Tidak jelas asal mula mengapa tanggal 1 Mei dijadikan  sebagai peringatan hari buruh. Tetapi yang hampir dapat dipastikan adalah setiap tanggal tersebut selalu saja diperingati dengan cara demo buruh turun ke jalan untuk menyampaikan tuntutan seputar “peningkatan kesejahteraan”. Pada tahun ini isu yang cukup santer diusung dalam rangka peringatan hari buruh adalah mengenai ikatan kerja buruh dengan pengusaha. Para buruh menolak system kontrak maupun outsourcing dengan alasan tidak ada jaminan dan juga kurang diperhatikan masalah kesejahteraan.

Momentum berikutnya adalah peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei. Tanggal tersebut merupakan merupakan hari kelahiran seorang tokoh dan pahlawan yang semasa hidupnya mengabdikan diri dibidang pendidikan. Beliau adalah Ki Hajar Dewantoro pendiri perguruan pendidikan Taman Siswa. Falsafah hidupnya sebagaimana kita kenal adalah : Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani.  Pendidikan semestinya menjadikan manusia yang lebih beradab dan bermartabat. Ada hal yang memprihatinkan di dunia pendidikan kita sekarang ini terutama seputar Ujian Nasional yang sednag dilaksanakan sekarang ini. Berbagai kasus kecurangan dan kebocoran soal mewarnai pemberitaan seputar Ujian Nasional. Mari kita semua bertanggungjawab untuk dapat memperbaiki mental generasi muda dengan pendidikan yang beradab dan bermartabat.

Momentum berikutnya yang akan diperingati pada bulan ini adalah Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei. Pada tanggal tersebut merupakan hari bersejarah yang ditandai dengan berdirinya organisasi pergerakan dalam rangka menuju Indonesia merdeka pada tahun 1908. Organisasi yang dimaksud adalah BOEDI OETOMO.

Satu lagi momentum yang pasti ditunggu-tunggu bagi anda karyawan swasta di bulan ini adalah jatuh pada tanggal 25, apaan ya..???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: