Oleh: Arifin | 22 Juni, 2009

Sekolah Libur, Jalanan Lancar….


by AAR

lalinHari ini, Senin 22 Juni 2009.

Tidak seperti biasanya, ketika hari Senin saya berangkat kerja dengan membawa stress, karena baru berjalan tidak jauh dari keluar dari perumahan tempat tinggal saya, kendaraan sudah padat merayap. Tapi hari ini perjalanan menuju stasiun kereta cukup lancar, walaupun hari Senin.

Ternyata mulai minggu ini sebagian besar sekolah (SD, SMP, SMU/K) sudah mulai libur alias tidak ada aktvitas sekolah. Pengaruhnya sangat signifikan terhadap kelancaran lalu lintas. Saya yang tinggal di Bogor dan kerja di Jakarta sangat merasakan hal itu.

Memang tidak dapat disimpulkan bahwa penyebab kemacetan selama ini adalah adanya aktivitas sekolah. Tetapi fakta yang kita hadapi adalah setiap kali libur sekolah, lalu lintas-khususnya dipagi hari-menjadi lancar. Semestinya hal ini dapat dijadikan salah satu bahan analisa dari para pengambil kebijakan untuk dapat mengatur lalu lintas.

Saya bukan ahli tata ruang kota maupun ahli transportasi, tetapi setidaknya dengan fenomena ini dapat diambil suatu langkah bahwa salah satu cara mengurangi kemacetan lalu lintas adalah dengan memanage aktivitas sekolah, mungkin diantaranya adalah :

1. Pemda dalam hal ini Dinas Pendidikan dapat membuat project percontohan dengan membuat kawasan pendidikan sehingga aktivitas pendidikan akan terkonsentrasi di suatu tempat yang memang dikondisikan sesuai dengan tujuan dan target pendidikan. Hal ini diharapkan dapat mengurangi semrawutnya arus laulintas. Sebagaimana kita tahu siswa tinggal di daerah selatan sekolah di utara atau sebaliknya, siswa tinggal di timur sekolah di barat.

2. Dengan adanya kawasan pendidikan tersebut dapat dilayani dengan bus sekolah yang mengkoneksikan dengan pusat-pusat layanan lainnya misal perpustakaan, toko buku, warnet, rental komputer dll yang ada di kawasan pendidikan tersebut.

Semoga kelancaran lalu lintas ini tidak hanya pada saat libur sekolah saja….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: