Oleh: Arifin | 18 Agustus, 2009

Ada Apa 17 Agustus…???


by AAR

merahputihSetiap menjelang 17 Agustus, banyak orang maupaun banyak acara/kegiatan yang mendadak menjadi terkesan nasionalis, patriotik dengan alasan menghormati jasa para pahlawan. Tapi ada yang menurut saya geli, yaitu menghargai pahlawan dengan cara memasukkan pensil ke botol, makan kerupuk, balap karung bahkan sampai panjat pinang dan juga diadakan konser yang kadang berujung kisruh / ribut.

Memang tidak ada yang salah dengan kegiatan tersebut, tapi saya merasa prihatin dan kasihan terhadap para pahlawan, perjuangannya yang sangat heroik untuk membebaskan negeri ini “hanya” dihargai dengan sekedar having fun. Sudah saatnya kita untuk berfikir bagaimana memperingati HUT kemerdekaan dengan hal-hal yang lebih bermanfaat untuk kehidupan bangsa.

Baiklah sambil anda berfikir, mari kita simak penjelasan berikut ada momen apa aja di tanggal 17 Agustus ini :

Berdasarkan sumber yang saya diperoleh dari wikipedia, berikut beberapa peristiwa yang terjadi pada tanggal 17 Agustus :

1. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 Tahun Masehi, atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang, atau 17 Ramadan 1365 Tahun Hijriah dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Hal ini sekaligus menandai bahwa Bangsa Indonesia terbebas dari penjajahan Belanda maupun Jepang, walaupun setelah proklamasi para pejuang terus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dari rongrongan para penjajah.

2. Peresmian Tugu Monas oleh Presiden Sukarno, dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1961 sedangkan baru dibuka untuk umum pada bulan Juli 1975. Pembagunan tugu Monas bertujuan mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945, agar terbangkitnya inspirasi dan semangat patriotisme generasi saat ini dan mendatang.

3. Siaran perdana TVRI, pada tanggal 17 Agustus 1962, Siaran perdananya menayangkan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-17 dari Istana Negara Jakarta. Siarannya ini masih berupa hitam putih. TVRI kemudian meliput Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta dan di Jakarta Timur di Sentul Pada Tanggal 24 Agustus 1962 sejak Capcom di Jepang pada tahun 1979 dan di Jakarta Indonesia pada sejak 1983.

4. Berdirinya Himpunan Fisika Indonesia / HFI, (Indonesian Physical Society – IPS),adalah organisasi profesi ilmiah untuk bidang FISIKA yang telah berdiri sejak 17 Agustus 1973

5. Wage Rudolf Supratman, meninggal pada tanggal 17 Agustus 1938 di Surabaya Jawa Timur pada usia 35 tahun, beliau adalah pengarang lagu kebangsaan Indonesia Raya dan juga pahlawan Nasional

6. Ust. Abu Bakar Ba’asyir, lahir di jombang pada tanggal 17 Agustus 1938. Ia dituding sebagai kepala spiritual Jemaah Islamiyah (JI), sebuah grup separatis militan Islam. Berbagai badan intelijen menuduh Ba’asyir mempunyai hubungan dengan al-Qaeda. Ba’asyir membantah dia menjalin hubungan dengan JI atau terorisme. Ba’asyir merupakan pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) serta salah seorang pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mu’min di Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Semoga informasi ini semakin memperkaya khasanah pengetahuan kita mengenai tanggal 17 Agustus.


Responses

  1. ckckckck, nice info gan😆

    ==========================================
    Blog Jelek sumpah, jangan diklik!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: