Oleh: Arifin | 21 Agustus, 2009

Awal Ramadhan 1430 H


by AAR

ramafhanSebagaimana diketahui bersama bahwa bulan suci Ramadhan sudah di depan mata. Sesuai dengan hasil sidang Isbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Maftuh Basuni dan dihadiri oleh para pimpinan ormas Islam dan juga dihadiri oleh Menkominfo Muhammad Nuh, awal Ramadhan 1430 H ditetapkan pada hari Sabtu tanggal 22 Agustus 2009.

“Karena hilal tidak tampak, maka besok tidak ditetapkan sebagai awal Ramadan,” kata Menteri Agama (Menag) Maftuh Basyuni saat memimpin sidang itsbat penetapan awal Ramadan 1430 H di kantor Depag, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat,Kamis (20/8/2009)

Walaupun di beberapa tempat sudah ada yang melaksanakan ibadah puasa, diharapkan masyarakat tidak menjadi bingung dan resah. Sebagai tambahan informasi bahwa penetapan awal Ramadhan dan Idul Fitri dapat dilaksanakan dengan beberapa cara yaitu : dengan perhitungan ilmu falaq (hisab) dan dengan cara melihat bulan (rukyatul hilal). Hal inilah yang terkadang membuat awal Ramadhan maupun Idul Fitri berbeda.

Saya mohon maaf lahir dan batin dan mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga ramadhan tahun ini lebih baik dan menjadikan kita semua lebih bertaqwa.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: