Oleh: Arifin | 28 September, 2009

Kesadaran Akan Keselamatan Selama Arus Mudik/Balik


BanjirHilir mudik, hiruk pikuk mengenai arus mudik dan balik sudah mulai berakhir. Tradisi pulang kampung yang sudah berlangsung lama memang cukup unik yang menyedot perhatian dan juga resources yang cukup banyak.

Dibalik hingar bingarnya tradisi pulang kampung ini, ada hal yang cukup miris dan perlu kita sadari semua, terutama bagi yang melakukan perjalanan pulang kampung dengan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor

Ada kebiasaan yang kurang baik selama arus mudi dan arus balik berlangsung, entah disadari atau tidak, yaitu mengabaikan rambu dan peraturan lalu lintas dan anehnya lagi hal itu “dimaklumi oleh pihak kepolisian”. Diantaranya adalah : menggunakan bahu jalan untuk menyalip kendaraan yang lain, menambah muatan di atas kap mobil atau menambah bagasi di belakang (motor), penumpang lebih dari 2 orang (motor), menyerobot-tidak mau ngantri pada saat kondisi jalan padat merayap, menerobos lampu merah, dan mungkin masih banyak lagi bentuk pelanggaran lainnya.

Menurut data yang dirilis oleh menteri perhubungan Bp. Jusman Syafii Djamal, selama arus mudik dan balik terhitung sejak H-7 hingga H+5 angka kejadian kecelakaan tercatat sebanyak 1.434 kasus, korban meninggal 576 orang dan luka berat 637 orang. Faktor utama penyebab kecelakaan adalah faktor kelelahan dan sebagian besar kecelakaan adalah pengendara sepeda motor.

Mencermati data tersebut sudah selayaknya-lah kita merenungi dan sadar diri untuk tetap berperilaku aman dan selamat selama berkendaraan baik diluar masa lebaran maupun kesehariannya. Dalam kurun waktu kurang lebih 2 (dua) minggu korban meninggal cukup banyak bila dibanding dengan korban meninggal gempa bumi beberapa waktu lalu.

Ayo… tertib lalulintas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: