Oleh: Arifin | 30 Oktober, 2009

QURBAN, Menjemput Berkah Menjalin Ukhuwah


by AAR

hewan kurbanIdhul Adha segera menjelang, tanggal 10 Dulhijjah 1430 H kalau berdasarkan kalender yang ada Insya Allah bertepatan dengan tanggal 27 Nopember 2009. Ada ibadah yang menjadi kewajiban ummat Islam yaitu menunaikan ibadah haji ke tanah suci Al-Makkatul Mukarromah. Banyak rangkain ritual ibadah yang mesti dijalani oleh jama’ah haji diantaranya adalah menyembelih hewan kurban.

Kewajiban menyembelih hewan kurban ini tidak hanya berlaku bagi para jama’ah haji saja akan tetapi untuk seluruh ummat Islam yang memiliki kemampuan untuk itu.

Berbicara mengenai sisi hukum syari’atnya, semua ulama bersepakat bahwa ini merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Hal ini sebagai bukti kecintaan seorang hamba kepada Tuhannya atas segala kenikmatan dan karunia yang telah dirasakan. Pembuktian ini berupa mengorbankan-mengeluarkan-sebagian harta benda yang dimiliki untuk diberikan, disedekahkan dan berbagi kepada saudara, tetangga, kawan maupun orang lain yang membutuhkan bantuan. Khusus dalam konteks Idul Adha ini adalah berupa pemotongan hewan kurban.

Ada dimensi sosial dan ekonomi yang sangat kental dalam ibadah idul kurban ini. Terlebih akhir-akhir ini banyak saudara sebangsa kita yang mengalami musibah sehingga akan sangat membantu meringankan penderitaan mereka. Seperti kita ketahui bersama bahwa bencana gempa bumi yang melanda beberapa wilayah negeri kita tercinta ini selain meluluhlantakkan rumah tinggal juga merusak fasilitas umum diantaranya adalah pasar yang merupakan denyut nadi perekonomian di daerah.

Demi mendorong perputaran roda perekonomian tersebut diantaranya yang dapat kita bantu adalah menyalurkan kewajian kurban kita ke daerah-daerah tersebut. Karena hal tersebut dapat membantu meningkatkan perputaran uang dan juga berdenyutnya kembali sektor riil. Melalui lembaga yang sudah kredibel kita bisa menyetorkan sejumlah uang agar dapat “dibelanjakan” hewan kurban di daerah-daerah yang terkena dampak musibah bencana dan disembelih serta dibagikan untuk para korban musibah bencana tersebut.

Jadi dengan menjalankan kewajiban kurban ini, setidaknya ada 2 sisi keuntungan yaitu : kewajiban kepada Allah SWT tertunaikan dan semoga mendapat keberkahan. Selain itu juga membantu meringankan beban penderitaan sesama kita sehingga jalinan ukhuwah semakin terjaga.

Ayo siapa mendaftar ikutan kurban….???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: