Oleh: Arifin | 5 Februari, 2010

Keris, Wayang dan Batik Mendapat Sertifikat dari UNESCO


Jakarta – 3 Warisan budaya Indonesia  yaitu batik, keris dan wayang diganjar sertifikat UNESCO untuk mata  budaya tak benda. Diklat Warisan Budaya Batik Indonesia yang bekerja sama  dengan Museum Batik di Pekalongan juga mendapat sertifikat Best Practices  dari UNESCO.

Sertifikat tersebut secara simbolis diserahkan oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada Menko Kesra Agung Laksono yang diteruskan ke Menbudpar Jero Wacik. Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan di Kantor Menko Kesra, Jl Medan Merdeka Barat, Jakpus, Jumat (5/2/2010).
"Terima kasih kepada semua pihak sehingga kita dapat pengakuan dari Unesco," kata Agung dalam sambutannya.
Agung menjelaskan, pengakuan internasional ini justru akan menjadi tantangan bagi Indonesia. Secara tidak langsung, 3 warisan budaya tersebut harus terus dilestarikan keberadaannya.
"Melambangkan satu pengakuan dunia dari UNESCO  bahwa beberapa budaya seperti keris, wayang, batik juga adalah warisan budaya dunia dan kita perlu dijaga," papar Agung.
Dengan pemberian sertifikat Best Practices, Indonesia akan memperoleh proyek elaborasi dari UNESCO untuk persiapan buku, film dan bahan pameran. UNESCO juga akan mengajak Indonesia road show keliling Indonesia untuk memperkenalkan batik.
Pada 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik sebagai warisan budaya tak benda. Pada 25 September 2005, UNESCO mengukuhkan keris Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia. Pada 7 November 2003 UNESCO juga memberikan pengakuan serupa pada wayang

sumber : http://www.detik.com


Responses

  1. semoga tidak diklaim lagi oleh tetangga kita yang baik itu… selamat buat indonesia… terus berkarya, pertahankan budaya bangsa yang luar biasa… salam sukses…

    sedj


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: