Oleh: Arifin | 25 Desember, 2017

Pemesinan Bubut untuk Vokasi


Tulisan ini merupakan kumpulan dari berbagai materi untuk mendukung pembelajaran pemesinan bubut. Materi ini dimaksudkan sebagai bahan ajar bagi mahasiswa program studi D3 Teknik Mesin maupun S1 Pendidikan Teknik Mesin khususnya pada konsentrasi fitting/pemesinan. Selain itu buku ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran di SMK bidang keahlian Teknik Pemesinan sebagai buku pegangan guru dalam memfasilitasi pembelajaran. Materi yang dibahas disajikan secara ringkas dan urut disertai dengan banyak gambar pendukung sehingga mempermudah pemahaman pembaca.

pemesinan bubut untuk vokasi

Isi Buku Pemesinan Bubut untuk Vokasi

Buku ini terdiri dari 8 bab yang membahas secara komprehensif baik pengetahuan maupun ketrampilan praktis yang mendukung pemesinan bubut. Pembahasan diawali dengan pendahuluan berisi tentang dasar-dasar membaca gambar teknik, menggunakan alat ukur dan keselamatan kerja. Hal ini agar pembaca dapat memahami secara awal terlebih dahulu kemampuan dasar yang harus fikuasai oleh operator mesin bubut. selain itu juga diharapkan muncul kepedulian terkait keselamatan kerja. Setelah itu dibahas mengenai mengenal mesin bubut dan peralatan pendukung mesin bubut. Hal ini untuk mendasari pengetahuan dan pemahaman pembaca terkait peralatan dan kelengkapan yang digunakan dalam pemesinan bubut. Pembahasan selanjutnya adalah mengenai alat potong dan kecepatan potong serta parameter pembubutan, dimana hal ini dimaksudkan agar pembaca menguasai konsep dasar pemesinan bubut secara lebih mendalam.

Pembahasan bab selanjutnya adalah mengenai jenis pekerjaan pembubutan, sehingga diharapkan mengetahi dan memahami jenis-jenis pekerjaan yang dapat dilakukan menggunakan mesin bubut. Selain itu juga dibahas mengenai perencanaan proses pemesinan bubut, agar pembaca memiliki kemampuan praktis dalam merencanakan dan melaksanakan proses pemesinan bubut. Diakhiri dengan pembahasan toleransi ukuran dan suaian , diharapkan agar pembaca memiliki kepedulian yang lebih tinggi terhadap kualitas produk yang dihasilkan.

Berikut ini kami sajikan beberapa artikel yang dapat anda akses secara online. Secara bertahap akan kami tambahkan artikel lain yang merupakan bagian dari buku Pemesinan Bubut untuk Vokasi.

  1. Prinsip Kerja Mesin Bubut (Turning Machine)
  2. Cara Mengetahui Dimensi Utama Mesin Bubut
  3. Jenis pekerjaan dengan menggunakan mesin bubut
  4. 3 cara membuat poros tirus dengan mesin bubut
  5. Pengetahuan Dasar Mesin Perkakas dalam Pemesinan
  6. Persyaratan Umum Mesin Perkakas yang Baik
  7. Cara Membubut Tirus dengan Menggeser Kepala Lepas
  8. Macam-macam gerak pemakanan alat potong terhadap benda kerja dalam mesin perkakas
  9. Teknik membubut tirus dengan memutar posisi eretan atas

Saran dan masukan silahkan dikirimkan ke achmadarifin@uny.ac.id

Iklan

Responses

  1. […] Keselamatan kerja menjadi sesuatu yang penting dan harus diutamakan. Banyak slogan tentang keselamatan kerja diantaranya: Safety First, Incident Injury Free, Stop Accident Before Accident Stops You. Hal ini menunjukan bahwa keselamatan kerja harus menjadi prioritas dalam melaksanakan proses pemesinan. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: